Pemanfaatan Energi Biogas Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-hariLifestyle 

Pemanfaatan Energi Biogas Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pertumbuhan penduduk bumi setiap hari yang juga terus bertambah tentu mendorong banyak tuntutan baru akan sumber daya. Berdasarkan permintaan yang meningkat setiap hari dan sumber daya yang terbatas, inisiatif telah muncul untuk mendukung penggunaan sumber energi terbarukan. Kotoran hewan dan sampah sebenarnya adalah dua hal yang bisa dijadikan sebagai sumber energi yang dikenal sebagai sumber biogas Indonesia.

Pengertian Energi Biogas

Energi biogas merupakan sumber energi terbaru yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan LNG. Energi ini berasal dari berbagai jenis sampah organik, kotoran hewan dan kotoran manusia. Bakteri metanogenik anaerob yang menghasilkan gas metana terbentuk dari limbah jenis ini.

Mengingat kandungan metana yang terbakar penuh, dapat disimpulkan bahwa energi biogas digunakan sebagai sumber energi alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat dan dapat mengurangi ketergantungan manusia pada gas LNG dari sumber yang tidak dapat diperbaharui untuk penggunaan sumber daya dapat diperbaharui.

Oleh karena itu, energi biogas Indonesia menjadi salah satu sumber energi alternatif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari. Pasalnya, biogas tidak hanya membutuhkan bahan bakar, tetapi juga dapat menghasilkan listrik. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Pemanfaatan Energi Biogas

1. Pengganti Gas LNG

Energi biogas ini juga dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif selain LNG, yang dapat digunakan untuk menyalakan kompor dengan biaya yang lebih rendah di rumah. Memang, pada masa-masa awal energi biogas lebih erat kaitannya dengan pemanfaatannya sebagai pengganti gas untuk kebutuhan dalam negeri.

2. Penghasil Pupuk Organik

Selain menggunakan kedua jenis bahan bakar tersebut untuk keperluan rumah tangga dan mobil, biogas juga bisa digunakan sebagai pupuk organik, yang diharapkan bisa dikembangkan oleh petani setempat karena salah satu sumber energinya adalah kotoran hewan.

3. Pembangkit Listrik

Listrik merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam masyarakat modern. Seiring dengan terus bergeraknya pemerintah Indonesia sebagai negara maju, ketersediaan listrik mau tidak mau menjadi indikator yang menentukan kebutuhan untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Pemanfaatan Sampah Lingkungan

Energi biogas berbasis pengelolaan limbah, termasuk kotoran hewan, terbukti efektif dalam mengurangi emisi karbon dioksida yang dihasilkan di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan kita dapat mengantisipasi pelepasan gas CH4 (gas metana) yang berbahaya bagi bumi.

Upaya Nestlé Dalam Menjaga Kelangsungan Lingkungan

Melihat realitas krisis dan adanya potensi energi alternatif tersebut, Nestlé membuat program inisiatif BIRU dalam upaya mendukung kelestarian lingkungan. Bekerja sama dengan berbagai mitra dan pemangku kepentingan, Nestlé terlibat dalam program dukungan yang membantu petani lokal mengubah kotoran sapi menjadi sumber energi.

Dampak dari program biogas Indonesia ini yaitu maraknya penggunaan biogas. Tidak hanya bermanfaat bagi keluarga yang memelihara ternak dengan mengurangi penggunaan kayu bakar, minyak tanah dan gas, tetapi penggunaan biogas juga berkontribusi pada gaya hidup sehat karena tidak ada asap yang berbahaya bagi pernapasan dan sisa prosesnya dilakukan dengan menggunakan biogas.

Related posts

Leave a Comment