Membangun Karakter AnakParenting 

Membangun Karakter Anak

Membangun karakter anak menjadi tanggung jawab penting bagi orangtua. Meski saat ini sekolahan telah memberi pendidikan karakter dengan menanamkan berbagai nilai-nilai kebaikan pada anak, orang tua wajib memegang peran utama untuk mengembangkan karakter anak.

Jika orang tua bisa membina dan mendidik anak dengan baik, berarti kesempatan untuk memiliki anak yang berkepribadian baik sangat bisa terjadi. Lantas bagaimana cara untuk membangun karakter pada anak yang baik?

Tenang saja karena di artikel ini kami bakal membahasnya sampai tuntas. Berikut beberapa cara orang tua yang bisa diterapkan untuk membangun karakter positif pada anak :

1. Harus menjadi role model

Orangtua yang mencontohkan kualitas karakter yang baik bisa menanamkan nilai kebaikan pada anak dengan mudah. Pasalnya anak dapat meniru aktivitas orang tua yang dianggap sebagai role model hariannya.

Ketika orang tua bersikap baik, misalnya jujur, bisa dipercaya, penuh kasih sayang, adil hingga peduli terhadap sesama maka anak dapat melihat hal tersebut dan lantas meniru orang tuanya. dan

2. Menunjukkan sifat empati

Menunjukkan empati kepada anak juga memungkinkan orangtua mengajarkan nilai karakter kebaikan pada anak. Saat anak merasa orang tua memahami dan memperhatikannya, anak biasanya lebih termotivasi untuk mempelajari nilai dan karakter yang orang tua ajarkan.

Jangan lupa selalu membantu anak untuk mengembangkan rasa empati di dalam dirinya. Yang akhirnya anak bisa belajar memahami kondisi dengan baik dan akhirnya ingin berbagi pada sesama. Hal tersebut merupakan tindakan mulia yang sangat penting bagi anak.

3. Gunakan momen tertentu untuk membangun karakter anak

Untuk membangun karakter pada anak, momen terbaik tentunya sangat penting untuk diperhatikan.  Contohnya, saat anak melanggar aturan yang orang tua berikan, maka orang tua bisa menerapkan konsekuensi atau hukuman yang adil.

Biasanya dengan teguran atau hukuman tersebut, anak mulai belajar artinya tanggung jawab dan disiplin. Yang selanjutnya membuat anak mendapat karakter baik dari momen yang mereka alami. Jangan lupa beritahu kesalahan anak agar mereka tahu letak kesalahannya.

4. Menceritakan kisah dan kehidupan

Orang tua ataupun guru bisa memakai metode cerita untuk mengajarkan moral dan karakter baik pada anak. Di momen tersebut, biasanya anak bisa dengan mudah menanamkan rasa cinta tanah air dan bangga jadi bangsa Indonesia.

Tak hanya itu, menceritakan kisah seputar kehidupan juga memberi pelajaran penting mengenai nilai dan etika pada anak Anda. Mengajak anak berdiskusi seputar cerita yang mereka dengarkan sebelumnya membuat nilai kebaikan menjadi lebih kuat diterima anak.

5. Tunjukkan rasa bangga pada anak

Bagi ibu dan ayah, menunjukkan sisi bangga pada anak sangat membantu mereka untuk mengembangkan harga diri yang mereka miliki. Sehingga membuat anak menjadi tidak gampang gugup dan penakut.

Kendati sangat sederhana, hal seperti ini membuat anak menjadi terhindar dari berbagai karakter buruk saat mereka dewasa. Meskipun anak belum mampu memberi yang terbaik, tak ada salahnya memberikan mereka pujian.

Related posts

Leave a Comment