Gangguan Prostat dan Cara Mengobatinya

Kelenjar prostat termasuk organ reproduksi pria yang berperan penting. Kelenjar ini ada di bawah kandung kemih & berfungsi memproduksi sperma. Karena saking pentingnya kelenjar ini, maka setiap pria harus menjaganya agar tetap sehat & berfungsi dengan baik.

Struktur Jaringan Kelenjar Prostat

Dari lapisan paling dalam ke yang paling luar, berikut 3 zona kelenjar prostat:

  1. Zona Transisi

Ini adalah bagian terdalam & terkecil, beratnya hanya 10% dari keseluruhan organ ini, dan mengelilingi ⅓ bagian atas uretra. Bagian ini tumbuh terus seumur hidup dan sering menjadi tempat awal penyakit BPH/pembesaran prostat jinak.

  1. Zona Sentral

Zona ini mengelilingi zona transisi & menyumbang berat ¼ dari organ ini. Beberapa bagian dari zona sentral meliputi saluran kelenjar prostat, saluran mani & vesikula seminalis.

  1. Zona Perifer

Zona ini memenuhi 70% dari keseluruhan jaringan prostat. Zona terluar ini dapat teraba ketika melakukan DRE. masalah seperti adenokarsinoma sering ditemukan di zona ini. Zona ini juga paling kerap terkena prostatitis kronis.

Apa Fungsi Kelenjar Prostat?

Kelenjar ini sangat berpengaruh terhadap kesuburan pria. Fungsi selengkapnya adalah seperti dirangkum dalam artikel kesehatan sebagai berikut:

  1. Membantu produksi sperma

Kelenjar ini menyumbangkan 20-30% cairan ke volume semen/sperma.

  1. Menutup Uretra ketika ejakulasi

Selama ejakulasi, kelenjar ini berkontraksi & menyemprotkan cairan ke uretra. Cairan ini lalu campur dengan sel sperma & cairan dari vesikula seminalis membentuk sperma yang kemudian dikeluarkan tubuh. Saat berkontraksi karena ejakulasi, kelenjar ini menutup bukaan antara kandung kemih & uretra serta mendorong sperma keluar dengan cepat.

  1. Metabolisme hormon

Prostat butuh androgen (hormon seks pria) seperti testosteron supaya berfungsi. Kelenjar ini mengandung enzim yang mengubah testosteron menjadi bentuk aktif (dihidrotestosteron). Hormon ini penting untuk perkembangan karakteristik seks sekunder pada pria.

  1. Sebagai filter

Kelenjar ini juga berfungsi sebagai filter sperma dengan membuang racun yang menghambat sperma melakukan tugasnya.

  1. Mengontrol aliran urin

Kelenjar ini mengontrol aliran urin ke uretra & menghentikannya meninggalkan kandung kemih sampai seorang laki-laki perlu buang air.

Apa Saja Penyebab Gangguan Kelenjar Prostat?

Ada beberapa gangguan kelenjar prostat yang sering terjadi pada pria dan penyebabnya juga berbeda-beda. Prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Pembesaran prostat disebabkan oleh hormon pria yang berubah seiring bertambahnya usia. Kanker prostat disebabkan oleh faktor resiko seperti genetik, obesitas, atau bertambahnya usia.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Prostatitis bisa diobati dengan antibiotik, penghambat alfa, atau agen anti-inflamasi. Pembesaran prostat bisa diobati dengan beragam perawatan seperti terapi invasif minimalis. Kanker prostat bisa diobati dengan pengawasan aktif (untuk kanker jinak) dan terapi lanjutan seperti pembedahan atau terapi penyinaran (untuk kondisi yang lebih serius).

Tips Menjaga Kesehatan Kelenjar Prostat?

Dalam artikel kesehatan ini, kami juga memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat. Untuk menjaga kesehatan kelenjar ini, pria harus mengkonsumsi makanan bergizi, menghindari rokok, dan juga rutin olahraga.