Daftar Rangkaian Ibadah Haji yang Perlu Diajarkan Kepada Anak Sejak KecilParenting 

Daftar Rangkaian Ibadah Haji yang Perlu Diajarkan Kepada Anak Sejak Kecil

Selain ilmu pengetahuan, ilmu agama juga wajib diberikan kepada anak-anak, misalnya pendidikan agama Islam. Salah satu rukun Islam yang perlu diajarkan sejak kecil adalah ibadah haji. Meskipun ibadah ini hanya dilakukan bagi orang mampu, namun ilmu serta pengetahuan tetap harus diajarkan. Inilah sebabnya mulai cukup banyak pendidikan setingkat TK sudah mengadakan kegiatan manasik.

Pemberian ilmu ini merupakan salah satu bentuk parenting islami dan memang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Biasanya, dalam kegiatan manasik, anak-anak akan melakukan simulasi rukun Islam kelima tersebut dengan bimbingan guru serta orang tua. Ada beberapa tahapan dari ibadah ini. Apa saja rangkaian tahapan tersebut? Silakan simak penjelasan berikut.

Rangkaian Kegiatan Ibadah Haji

  1. Ihram

Tahapan pertama adalah mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram berupa kain putih yang dililitkan ke pinggang seperti mengenakan sarung. Selanjutnya ada satu lembar kain lagi untuk disampirkan pada bahu bagian kiri.

Untuk laki-laki, bagian bahu kanan memang harus terbuka dan tidak boleh tertutup. Sementara itu, bagi perempuan diwajibkan mengenakan pakaian menutup aurat dengan bagian telapak tangan serta wajah tidak boleh tertutup.

  1. Wukuf

Wukuf biasanya dilakukan pada 9 Zulhijah dan menjadi salah satu rangkaian inti dalam ibadah ini. Wukuf adalah kegiatan berupa berdiam diri di Padang Arafah. Di saat berdiam diri seperti ini, peserta biasanya mengisi waktu dengan berzikir seperti membaca bacaan talbiyah. Bacaan tersebut memiliki arti sangat mendalam, yakni sebagai bentuk telah memenuhi panggilan dari Allah dalam melaksanakan ibadah.

  1. Lempar jumrah

Tahapan berikutnya adalah lempar jumrah. Lempar jumrah berarti melemparkan tujuh buah batu kerikil ke jumrah. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada 10 Zulhijah dan menjadi simbol memerangi godaan syaitan. Terdapat tiga bagian pada tahap ini, yakni jumrah ula (dilakukan pertama), jumrah wustha (dilakukan di tengah), serta jumrah ‘aqabah (dilakukan di akhir).

  1. Tawaf

Tawaf adalah salah satu rangkaian di mana peserta akan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Pada saat ini, peserta biasanya berkeliling sambil mengangkat tangan dan menyebut nama Allah. Beberapa orang juga akan mencium batu hajar aswad sebagai perwujudan rasa cinta kepada Allah. Namun, karena banyaknya peserta, tidak semua orang bisa memiliki kesempatan melakukannya.

  1. Sa’i

Sa’i merupakan simbol perjuangan dari Siti Hajar dalam mendapatkan mata air untuk Nabi Ismail. Prosesnya adalah berlari-lari kecil yang dilakukan dari bukit Safa ke bukit Marwah. Lari-lari kecil tersebut dilakukan sebanyak tujuh kali sambil membaca takbir. Beberapa juga menyarankan untuk membaca doa tertentu.

  1. Tahalul

Tahapan terakhir adalah tahalul. Tahalul merupakan kegiatan memotong rambut minimal 3 helai. Setelah itu, biasanya peserta dilanjutkan meminum air zamzam dan memakan buah kurma.

Itulah tadi beberapa rangkaian dalam ibadah Haji yang perlu diketahui. Akan lebih baik jika pengetahuan tersebut diajarkan kepada anak sedini mungkin agar kelak ketika benar-benar melakukannya di tanah suci sudah memiliki bekal cukup.

Related posts

Leave a Comment