5 Cara Merangsang Anak Agar Cepat BicaraParenting 

5 Cara Merangsang Anak Agar Cepat Bicara

Tiap kali umur si kecil bertambah maka tentunya ada sebuah kemampuan baru yang akan segera dimilikinya. Salah satunya ialah kemampuan anak agar dapat berbicara. Kemampuan bicara sendiri merupakan salah satu tumbuh kembang anak yang sangat penting, sehingga ada baiknya Anda mulai melatihnya sedari dini agar anak bisa berbicara dengan lancar dan tidak terbata-bata saat mengucapkan sebuah nama ataupun barang.

Stimulus Agar Anak Cepat Bicara

Saat berada pada umur 6 bulan anak sudah mulai mengeluarkan berbagai gumaman maupun ocehan kecil seperti “ba” atau “ma”. Kemampuan ini pun selanjutnya akan berlanjut pada usia satu tahun dan seterusnya. Namun, hal ini juga bisa terkendala jika Anda maupun orang di sampingnya tidak membantu sang anak agar dapat mengembangkan kemampuannya. Berikut ialah beberapa cara yang dapat dilakukan agar anak cepat bicara:

1.     Ajak Berkomunikasi

Hal yang paling utama untuk mengembangkan kemampuan bicara anak ialah menjadi lawan bicaranya saat ia mulai mengeluarkan ocehan dan melakukan interaksi dengannya. Anda harus memberikan perhatian penuh saat ia mulai berceloteh tentang sesuatu dan menanggapinya dengan seekspresif mungkin sehingga hal tersebut bisa memicu respon baik seperti gelak tawa yang dikeluarkan oleh anak.

2.     Belajar Sambil Bermain

Untuk membantu tumbuh kembang anak agar dapat berbicara dengan lancar juga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti mengajaknya bermain sebuah permainan kecil. Salah satu contoh mudahnya ialah dengan memulai membacakan sebuah cerita sederhana untuk si anak saat ingin tidur ataupun di saat waktu lapang. Anda juga dapat memutarkan sebuah musik untuk merangsang stimulan otaknya.

3.     Ajak Anak Bicara

Melakukan sebuah tanya jawab yang sederhana dengan anak juga dapat membantunya agar bisa berbicara dengan lancar. Hal ini membantunya agar tak takut atau malu untuk memberi respon saat berbicara dengan seseorang. Contohnya ialah di saat anak sedang meminta makanan dengan ocehannya maka Anda dapat berpura-pura menanyakan kembali maksud ocehannya tersebut sambil tersenyum atau tertawa pada anak.

4.     Ajak Anak Bersosialisasi

Salah satu penyebab dari anak enggan untuk berbicara ialah karena rasa takut atau malu saat berhadapan dengan orang. Karena itulah Anda bisa memulai untuk mengajak anak untuk bersosialisasi dengan sekitarnya dan berinteraksi secara bertahap dengan anak sebayanya.

5.     Lakukan Terapi

Pada usia yang menginjak 3 tahun dan anak masih belum bisa berbicara dengan lancar, maka ada baiknya anak tersebut segera mendapatkan terapi yang dibutuhkan. Karena jika tidak segera dilakukan maka besar kemungkinan anak akan merasa stress atau tantrum karena merasa sulit untuk menyampaikan apa yang diinginkannya.

Ketika anak tidak dapat berbicara dengan lancar, jangan langsung panik, tapi cari cara untuk mengatasinya. Hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak sehingga ada baiknya Anda memperhatikan perkembangan anak sedari dini agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Related posts

Leave a Comment